Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal dari Makassar Membludak

Makassar – Moda transportasi laut mendapat berkah atas kenaikan harga tiket pesawat yang cukup tinggi belakangan ini. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyebut jumlah penumpang yang naik dari Makassar membludak.

“Cabang Makasar pegang rekor mengalahkan cabang-cabang besar seperti Surabaya, Tanjung Priok, kalah dengan Makasar. Secara nasional kenaikan penumpang sangat tinggi. Penumpang dari Makasar ke berbagai kota semua bertambah, setiap hari loket kami ramai,” ujar Kepala Kesekretariatan PT Pelni, Yahya Kuncoro dalam keteranganya, Rabu (1/5/2019).


Yahya mengatakan kenaikan penumpang dari Januari hingga April 2019 sangat signifikan, secara nasional naik 38 persen. Penumpang naik dari 825.255 menjadi 1.172.143 orang atau naik 319.888 orang selama bulan Januari-April 2019. Sementara, kenaikan tertinggi dari cabang Makasar naik 61 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu, yang dari 72.411 naik menjadi 116.700 orang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Pelni yang telah memilih transportasi laut sebagai sarana mobilitas antar pulau selama ini,” katanya.

Dengan membludaknya penumpang pada tahun ini, Yahya mengatakan pihaknya akan terus berupaya menciptakan pelayanan yang mudah dan menyenangkan bagi pelanggan.

“Upaya perbaikan dan kemudahan layanan ini merupakan penguatan Pelni sebagai BUMN transportasi laut menuju pelayanan digitalisasi dan modern di masa mendatang,” tutur Yahya.

(fiq/mae) Detikcom