Tekuk Hotspur 0-1 Ajax Buka Peluang ke Final Liga Champions

INGGRIS– Ajax Amsterdam berpeluang maju ke final Liga Champions setelah menekuk tuan rumah Tottenham Hotspur 1-0 di Stadion Tonttenham Hotspur Inggris, Rabu (1/5/2019) diniahari WIB.

Gol kemenangan Ajax pada laga leg pertama semifinal itu diciptakan oleh Donny Van de Beek pada menit ke-15. Tentu unggul di kandang lawan keberuntungan tersendiri bagi tim wakil Belanda tersebut.

Pada leg kedua bakal digelar di kandang Ajax pekan depan 8 Mei. Ajax tinggal meraih hasil seri sudah pasti maju ke final menantang pemenang antara Barcelona dengan Liverpool,

Tanpa beberapa pemain intinya seperti Harry Kane yang cidera dan Son Heung-Min yang menjalani suspensi atau sanksi akumulasi kartu kuning membuat serangan Hotspur hanya bertumpu kepada Delle Ali.

Sementara Christian Eriksen yang jadi jenderal lapangan tidak seperti biasany. Kali ini sering kalah melawan pemain-pemain Ajax yang memang bermain penuh semangat.

Sebetulnya sebagai tuan rumah, Spurs lebih banyak menekan pertahanan Ajax terutama pada babak kedua. Hanya saja ketatnya pertahanan Ajax membuat segala usaha tuan rumah sia-sia.

Belum lagi kiper Ajax, Andre Onana bermain gemilang di bawah mistar.

Awal babak pertama, Tottenham terus yang terus menekan Ajax justru kebobolan pada menit ke-15. Setelah mengontrol umpan terobosan dari Ziyech, lalu van de Beek langsung melepaskan tembakan dari dalam area penalti. Gelandang asal Belanda itu sukses memperdayai Lloris dengan mengirim bola ke pojok kiri gawang.

Tertinggal 0-1 membuat pemain-pemain Hotspur terus meningkatkan serangan, namun pemain-pemain Ajax pintar tidak membiarkan pemain tuan rumah terlalu lama menguasai bola.

Bahkan menit ke-23 Ajax nyaris menambah gol ketika Tadic melepas umpan ke kotak penalti. Bola langsung disambut van de Beek dengan sepakan kencang. Spurs beruntung, upaya gelandang Ajax itu masih bisa dimentahkan Lloris.
Pada masa injury time babak pertama Hotspur nyaris menyamakan kedudukan ketika Trippier melepaskan umpan lewat tendangan bebas. Bola yang melambung ke kotak penalti disundul oleh Alderweireld. Sayang masih melambung tipis di atas mistar gawang Ajax. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Ajax.

Memauki babak kedua tentu saja Spurs yang butuh gol penyeimbang kembali mengurung pertahanan Ajax. Segala usaha dilakukan terutama lewat Llorente dan Delle Ali.

Ajax dipaksa bertahan hampir di seperempat lapangan. Namun karena kurang kreatifitas dari pemain Spurs mereka sangat kesulitan menembus pertahanan Ajax yang dikawal Joel Veltman, Matthijs De Ligt dan Daley Blind.

Seperti pada menit ke-55 peluang tuan rumah kembali terbuang percuma. Moura membangun serangan dari sayap kanan yang kemudian menyodorkan bola kepada Trippier yang langsung melepas umpan silang ke kotak penalti Ajax. Alli menyambut bola tersebut dengan sundulan, tapi masih melambung .

Giliran Llorente yang membuat peluang pada menit ke-64 karena sundulannya usai menerima umpan tendangan bebas dari Eriksen masih bisa ditangkap kiper Onana.

Keasyikan menyerang justru gawang Spurs nyaris bobol pada menit ke-78 lewat sepakan Neres.

Awalnya sayap asal Brasil itu menerima umpan dari dari Tadic, lalu Neres dengan sepakan yang tidak terlalu keras mampu memperdayai kiper Spurs, Lloris. Sayang bola masih menerpa tiang gawang.

Dua menit kemudian Spurs menekan lewat serangan balik. Eriksen menyodorkan bola ke sisi kiri area penalti Ajax. Rose, menyambut operan Eriske dengan tembakan kencang, namun upayanya berhasil diredam Veltman.

Spurs terus mengais peluang sayang meski wasit memberikan waktu tambahan tiga menit tetap tidak bisa dimanfaatkan tuan rumah sehingga mereka harus kalah 0-1 sampai wasit meniup pluit panjang. (b)

Poskota News