Sensasi Menikmati Baso Gepeng Terbesar Berukuran 2,9 Meter

JawaPos.com – Apa yang terlintas ketika memikirkan kata baso? Biasanya Anda akan langsung berpikir tentang bentuk khasnya yang bulat, sedikit berurat, dan aroma kuah lemak yang menggoda. Tapi, seiring berjalannya waktu, kuliner Indonesia yang terbuat dari daging sapi ini memiliki ragam bentuk. Seperti kotak hingga gepeng.

Untuk memanjakan lidah pencinta kuliner, Festival Kuliner BSD menghadirkan bakso gepeng terbesar yakni berukuran 2,9 meter dengan ketebalan 12 cm. Sama seperti baso pada umumnya, baso gepeng raksasa ini diolah dalam wadah besar dengan campuran bumbu-bumbu rahasia.

Dicetak dengan menggunakan moulding (cetakan khusus dari stainless steel), baso gepeng raksasa ini sekilas terlihat seperti cetakan beton yang penuh dengan kerikil-kerikil besar. Sebab, terlihat bagian tulang sumsum sapi yang menyembul keluar.

Meski demikian, aroma yang keluar ketika baso gepeng terbesar diangkat dari wajan, langsung membuat perut keroncongan. Lalu, bagaimana proses pembuatan baso gepeng terbesar ini?

Proses untuk membuat baso gepeng terbesar inipun diakui tidak mudah. Seperti yang diungkapkan Reggy Milyardi Prabowo, Brand Manager Dua Belibis.

Bekerja sama dengan Bakso Rusuk Joss, baso gepeng terbesar ini menghabiskan 500 kg daging sapi dengan proses pembuatan selama tiga hari. “Jadi awalnya kita mau bikin bulat, tapi karena alatnya pas dibuat itu ternyata lebih besar sehingga kita putuskan buat yang gepeng. Dan ternyata di MURI belum ada,” ujar Reggy.

Ternyata, ungkap Reggy, rahasia merebus baso itu bukan hanya didiamkan dalam wajah. Terlebih dengan ukuran yang besar.

“Baso itu ternyata harus sementara waktu diangkat lalu dimasukan lagi hingga matangnya merata,” sambungnya.

Proses perebusan dan pematangan akhir dilakukan di atas panci khusus dari bahan stainless steel berukuran 3,5 m x 3.5 m x 1 m dengan tungku bertekanan tinggi berdiameter 40 cm sebanyak 12 tungku. Perjuangan selama tiga hari pun tak sia-sia. Melibatkan 15 orang dalam pembuatannya, baso gepeng terbesar berhasil memecahkan rekor MURI.

Penyerahan piagam pemecahan rekor MURI untuk Baso Gepeng Terbesar. (Nurul Adriyana/JawaPos.com)

Lalu bagaimana rasa basonya?

Pengunjung yang menyaksikan pemecahan rekor MURI baso gepeng terbesar pun berkesempatan menyicipi makanan khas Indonesia tersebut. Seperti diungkapkan Ajeng, warga asal Tangerang yang tak menyangka kalau baso gepeng terbesar tetap menyajikan rasa yang lezat.

“Rasanya sama, enak. Cuma tadikan penasaran ya karena basonya besar banget, apakah enak atau enggak,” ujar Ajeng.

Karena bentuknya yang besar, basi gepeng terbesar dipotong menajdi irisan seperti daging lalu ditambahi kuah baso dan mi serta saos sambal. Rasanya tentu maknyos!

Perlu diketahui, proses pembuatan bakso gepeng terbesar ini merupakan hasil kerjasama antara Dua Belibis, team Teknis dari Jiis Comm, ITC BSD, dan Bakso Rusuk Joss. Baso gepeng terbesar ini rencananya dibagikan pada pengunjung hingga 28 April 2019 di Festival Kuliner BSD.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

JawaPos