PSG Kontra Monaco, Satu Suara untuk Notre Dame

JawaPos.com – Paris Saint-Germain dan AS Monaco memiliki tujuan mulia jelang bentrokan keduanya pada pekan ke-33 Ligue 1 2018-2019, Senin (22/4) dini hari nanti. Kedua klub sudah menyiapkan tribut masing-masing sebagai simpati atas kebakaran Gereja Katedral Notre Dame beberapa hari lalu.

Les Parisiens berinisiatif untuk memberikan tiket gratis pertandingan kepada 500 petugas pemadam kebakaran yang tergabung dalam PAris Fire Brigade. Itu adalah ucapan terima kasih karena mereka secara heroik telah mempertaruhkan nyawanya untuk Notre-Dame. Kebetulan, momennya juga tepat. Yakni, PSG bisa juara asalkan menang atas Monaco.

“PSG bersama partner bisnis dan komunitas penggemar di Paris maupun di luar negeri akan berpartisipasi dalam serangkaian inisiatif seperti acara penggalangan dana. Nantinya, itu akan jadi bagian dari kampanye luar biasa untuk membangun kembali Notre-Dame di tahun-tahun berikutnya,” bunyi pernyataan resmi PSG.

Penggalangan dana yang dimaksud adalah dengan menjual jersey khusus dengan patch simbol Notre-Dame yang terletak di antara apparel Nike dan logo klub. PSG sudah mulai menjualnya ke pasaran sejak beberapa hari lalu.

Untuk Monaco, seperti dilansir dari situs resmi mereka, mulai menjualnya kemarin. Tapi, tim polesan Leonardo Jardim tidak hanya sekadar untuk kepentingan komersial. Meski, sama dengan PSG, semua hasil penjualan jersey khusus tersebut akan dialokasikan untuk Notre-Dame.

Ya, dini hari nanti, Radamel Falcao dkk akan menggunakan jersey tersebut melawan PSG. Namun, ada yang berbeda dari simbol Notre-Dame yang ada di jersey Monaco nanti. Sebab, akan ada simbol Sainte-Devote di samping simbol Notre-Dame sebagai bentuk dukungan mereka dan bukti bahwa rivalitas hanya berlaku di lapangan.

JawaPos