Pemerintah Siapkan Rp100 Miliar untuk Bangun Kembali Fasilitas Umum di Papua

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan untuk membangun kembali fasilitas umum yang rusak akibat kerusuhan di Papua. Pemerintah menyediakan biaya Rp100 miliar untuk perbaikan.

“Paling tidak sudah tersedia dana Rp100 miliar untuk membangun itu kembali. Sedangkan untuk membangun milik-milik perorangan yang kemarin juga keserempet rusak juga sedang dipikirkan, ungkap Wiranto di Media Center Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (9/9).

“Apakah tokonya, apakah kiosnya, rumah-rumah mereka yang kemarin kena perusakan ya dari aksi-aksi yang anarkis,” ujarnya.

Selain itu, Wiranto meluruskan isu pasukan TNI dan Polri menakut-nakuti masyarakat Papua dan Papua Barat tidak benar. Menurutnya, keberadaan sekitar 6.500 personel TNI/Polri dari jumlah keseluruhan 850.000 personil yang ditempatkan di sana untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Misi utama TNI/Polri di Papua untuk mengamankan fasilitas umum agar tak dirusak, serta melakukan pendekatan persuasif agar masyarakat tidak kembali turun ke jalan menggelar demo.

“Misi tambahannya ya bersihkan puing-puing akibat kebakaran, akibat kerusakan. Dibersihkan supaya bersih, sehingga PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) segera bisa masuk dan membangun kembali,” tandas Wiranto.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [ray]

Merdeka.com