Liga 1 Tetap Digelar Selama SEA Games 2019

JAKARTA – Setelah diundur, kompetisi Liga 1 musim 2019 baru akan digelar 15 Mei dan kemungkinan akan tetap berlangsung selama SEA Games di Filipina. Hal itu diungkapkan Manajer PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra saat dihubungi para awak media, Senin (29/4).

Sebagai operator pertandingan, Asep mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan jeda Liga 1 pada libur Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian, waktu efektif Penyelenggaraan Liga 1 musim 2019, hanya sekitar enam bulan saja.

Pasalnya, kompetisi sudah harus berhenti pada penghujung tahun ini. Oleh karena itulah, LIB melalui Asep tidak akan melakukan jeda selama digelarnya SEA Games 2019 di Filipina.

Selain karena durasi waktu yang mepet untuk menyelesaikan 612 pertandingan, dipotong waktu libur Idul Fitri dan Idul Adha, SEA Games juga bukan turnamen yang masuk dalam kalender resmi FIFA.

“Artinya, SEA Games itu gak masuk dalam perhitungan pembuatan jadwal FIFA. Sinkronisasi sebenarnya yang penting adalah dengan FIFA Matchday. Kemudian, libur besar nasional seperti Idul Fitri, Idul Adha, juga tak ada pertandingan,” kata Asep.

Dengan demikian, Liga 1 tetap akan bergulir selama SEA Games 2019 berlangsung. Hal itu tentu membuat sejumlah klub bakal kehilangan sejumlah punggawanya yang akan turun di ajang multievent se-Asia Tenggara tersebut.

Meski demikian, Asep mengaku pihaknya akan berusaha menyesuaikan jadwal pertandingan Liga 1 jika sudah menerima jadwal pertandingan cabang olahraga sepakbola di SEA Games nanti. Kalau jadwal SEA Games sudah keluar akan kami sikapi lagi,” jelasnya.

Pun demikian, menurut Asep, sangat berat untuk menghentikan sementara Liga 1 saat SEA Games 2019 digelar. Seperti diketahui, Indonesia akan mengirim pemain Timnas U-23 yang diasuh Indra Sjafri. Dari sederet nama yang memperkuat Timnas U-23 pada ajang sebelumnya di Piala Asia U-23, Bhayangkara FC menjadi salah satu klub penyumbang pemain terbanyak. Di antaranya, Awan Setho Raharjo, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, dan Sani Riski Fauzi. (junius/b)

Poskota News