KPK Setuju Jaksa Agung Tak Lagi dari Parpol

Merdeka.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyambut baik rencana Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengangkat Jaksa Agung bukan dari partai politik. Sebab, kata dia, nantinya Jaksa akan lebih fokus menangani kasus hukum.

“Ya itu mungkin lebih baik dalam arti jangan sampe orang tugas masih memikirkan parpol. Itu lebih baik. Jadi lebih fair, lebih baik dibanding kita Jaksa Agung datang dari parpol,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Dia juga tidak mau banyak berkomentar soal kinerja Jaksa Agung yang sekarang yakni HM Prasetyo yang dulunya berasal dari partai politik. Agus menyerahkan sepenuhnya penilaian pada masyarakat.

“Masyarakat yang menilai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan, Jaksa Agung periode 2019-2024 tidak akan berasal dari kalangan partai politik. Diketahui saat ini, Jaksa Agung Prasetyo merupakan kader Partai NasDem.

“Jaksa Agung pasti bukan dari parpol,” ujar Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/8). [fik]

Merdeka.com