Di Ijtima Ulama III, Rizieq Shihab akan Berikan Arahan Melalui Video

JawaPos.com – Guna menyikapi penyelenggaraan pemilu 2019, Ijtima Ulama III bakal digelar. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diagendakan memberikan sambutan di acara ini.

Ketua Pelaksana Ijtima Ulama III Slamet Ma’arif mengatakan, Rizieq Shihab akan memberikan pidato dan arahannya melalui video konferensi jarak jauh dari‎ Makkah, Arab Saudi.

“Nanti di pembukaan, beliau (HRS) akan memberikan sambutan arahan dari kota suci Makkah. Oleh karenaya kami undang media untuk dengar arahan beliau,” ujar Slamet di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Rabu (1/5).

Lebh lanjut Slamet mengatakan, para pimpinan partai politik Koalisi Adil Makmur dan juga Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga direncanakan hadir pada sore nanti. Nantinya mereka bakal mendengarkan rekomendasi hasil Ijtima Ulama III ini.

“Prabowo diagendakan akan hadir dan kami sudah undang capres dan cawapres, ketua partai politik koalisi, ketua BPN di agenda sore penutupan dan jumpa pers nanti‎,” katanya.

Ijtima Ulama III akan membahas pandangan-pandangan untuk menyikapi hasil pilpres 2019 ini. Diharapkan, acara tersebut menghasilkan rekomendasi dari para ulama terkait pilpres 2019.

“Akan dengarkan juga pandangan hukum dari pakar hukum, IT, pakar pidana, tentang apa yang terjadi di pilpres 2019. Kemudian apa yang terjadi berikutnya, kami akan dengarkan juga paparan dari kalangan agama, kalangan ulama tentang hal-hal yang terjadi di pilpres 2019 terutama masalah kecurangan,” tuturnya.

Slamet mengatakan dari informasi yang ia dapat, sekitar 1.000 ulama sudah menyatakan kehadirannya dalam Ijtima Ulama III ini. Mereka yang datang tersebar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Terpisah, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi‎, Andre Rosiande mengatakan, sampai saat ini dirinya belum mengetahui kedatangan Prabowo Subianto ke agenda Ijtima Ulama III. Pasalnya, sepengetahuannya, jadwal mantan Danjen Kopassus itu hanya menghadiri Hari Buruh Internasional di Istora Senayan.

“Pak Prabowo agendanya menghadiri Hari Buruh. Saya belum pastikan apakah Pak Prabowo datang atau tidak. BPN mungkin hadir,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

JawaPos