AKD DPR akan Ditentukan dari Jumlah Perolehan Kursi Partai

Merdeka.com – Alat Kelengkapan Dewan DPR akan segera disusun pekan depan. Tiap fraksi partai tengah menyiapkan nama-nama kader yang akan ditempatkan di tiap AKD.

“InsyaAllah minggu depan misalkan PDIP dapat berapa dapat berapa nanti insyaAllah minggu depan,” kata Anggota Fraksi PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10).

Yandri menjelaskan pemilihan AKD akan ditentukan dari jumlah perolehan kursi terbanyak. Kata dia, pemilik kursi terbanyak akan mendapatkan jumlah pimpinan yang banyak juga.

“Nanti kemungkinan yaitu seperti Pemilu. Jadi yang pertama itu PDIP dahulu mungkin yang kedua PDIP lagi baru diputar setelah itu Golkar, Gerindra, NasDem, PKB balik lagi ke PDIP lagi kira-kira begitu,” ungkapnya.

AKD di DPR terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari Komisi, Badan Legislasi, Badan Anggaran, Mahkamah Kehormatan Dewan dan BKSAP.

“Tetap 11 komisi lima AKD. Berarti 16 ketua plus kali tiga wakilnya banyak, itu yang didistribusikan ke masing-masing. Tapi ya tadi, tentu yang banyak dapat banyak, yang sedang dapat sedang yang sedikit dapat sedikit,” ungkapnya.

PAN kemungkinan mendapatkan satu ketua di AKD dan empat wakil. Namun komisi yang ditempati PAN belum bisa dipastikan.

“Kemungkinan dapat pimpinan ketua komisi paling satu. wakilnya antara tiga sampai empat. tetapi akan dibicarakan yang pastinya di komisi berapa akan dimusyawarahkan,” ucapnya. [ray]

Merdeka.com